REFLEKSI TERBIMBING
- Dari apa yang sudah anda pelajari, materi apa yang menurut anda dapat menjadi solusi bagi permaslahan yang terkait pembelajaran anda di kelas.
Dari materi yang saya pelajari di kelas maka solusi dari permasalahan di kelas dapat di atasi dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan serangkaian keputusan masuk akal yang dibuat guru yang berorientasi pada kebutuhan belajar murid, dengan memperhatikan kurikulum dengan tujuan pembelajaran yang jelas, respon guru atas kebutuhan belajar murid, memperhatikan lingkungan belajar murid, manajemen kelas yang efektif, dan penilaian yang berkelanjutan.
Kemudian guru juga bisa mengkategorikan kebutuhan belajar murid dalam tiga kategori yaitu (1) kesiapan belajar, (2) minat murid, (3) Profil belajar murid. Berdasarkan pemetaan kebutuhan dasar tadi, maka kita dapat menentukan apa strategi diferensiasi yang dapat dilakukan. Strategi diferensiasi itu sendiri focus pada diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk.
- Apa yang menurut anda sulit diterapkan? Mengapa menurut anda hal tersebut sulit diterapkan?
Hal yang paling sulit diterapkan dalam pembelajaran diferensiasi adalah pemetaan kebutuhan pada setiap murid sesuai dengan karakter masing-masing murid. Hal tersebut sulit diterapkan karena setiap murid tumbuh di lingkungan berbeda, budaya berbeda sesuai dengan geografis tempat tinggal mereka. Guru harus menggali secara spesifik sehingga kebutuhan murid terpenuhi.
- Jika anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan apa yang anda perlukan? Kemana atau bagaimana anda akan dapat mengakses dukungan tersebut?
Saya akan mengakses dukungan dari kepala sekolah tentang pembelajaran berdiferensiasi, kemudian melakukan sosialisasi kepada rekan sejawat, murid, dan orang tua murid.
Dukungan yang saya perlukan berasal dari:
1. Murid
Murid harus terbuka menyampaikan informasi tentang kebutuhan belajar mereka, sehingga guru dapat mengidentifikasi strategi-strategi yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran.
2. Rekan sejawat
Rekan sejawat tempat curah pendapat atau berkolaborasi mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan pengetahuan mengenai kebutuhan belajar murid
3. Kepala sekolah
Saya akan menyampaikan dengan kepala sekolah tentang pembelajaran berdiferensiasi dan meminta dukungan dengan kepala sekolah dalam penerapannya di kelas.
4. Orang tua wali murid
Orang tua wali murid adalah mitra guru dalam menganalisis kebutuhan murid, guru dapat menanyakan langsung kepada orang tua mengenai kebutuhan belajar murid, serta permasalahannya. Berdasarkan data tersebut guru bisa mengambil kesimpulan untuk memetakan kebutuhan belajarnya.
Tag :
Education
0 Komentar untuk "2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1 Forum"