(RPP)
Sekolah
:
SMAN 1 .............
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: XII/Ganjil
Materi
Pokok : Menawarkan Jasa
Alokasi
Waktu : 3Minggu x 2
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1
Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan May I help you?, What can I do for you? What if ...?)
|
·
Memahami
struktur teks interaksi yang melibatkan tindakan menawarkan jasa
·
Memahami
ungkapan yang sesuai dengan teks interaksi yang melibatkan tindakan
menawarkan jasa
·
Mengidentifikasi interaksi
yang melibatkan penawaran jasa melalui video atau beberapa contoh yang diberikan
·
Menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh-contoh interaksi, dilihat dari isi dan cara pengungkapannya
|
4.1
Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan
jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Menyusun
teks interaksi interpersonal tertulis sederhana yang melibatkan tindakan
menawarkan jasa
·
Melakukan
percakapan dengan teman di depan kelas yang terkait penawaran jasa dan
tanggapannya
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•
Memahami
struktur teks interaksi yang melibatkan tindakan menawarkan jasa
•
Memahami
ungkapan yang sesuai dengan teks interaksi yang melibatkan tindakan menawarkan
jasa
•
Mengidentifikasi
interaksi yang melibatkan penawaran jasa melalui video atau beberapa contoh
yang diberikan
•
Menyebutkan
persamaan dan perbedaan dari contoh-contoh interaksi, dilihat dari isi dan cara
pengungkapannya
•
Menyusun
teks interaksi interpersonal tertulis sederhana yang melibatkan tindakan
menawarkan jasa
•
Melakukan
percakapan dengan teman di depan kelas yang terkait penawaran jasa dan
tanggapannya
C.
Materi
Pembelajaran
·
Fungsi sosial
Menjalin
dan menjaga hubungan interpersonal.
·
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur kebahasaan
-
Ungkapan yang sesuai untuk menawarkan jasa, seperti May
I help you?, What can I do for you? What if ...?
-
Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb.
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Interaksi antara guru dan peserta didik di dalam dan di
luar kelas yang melibatkan pernyataan niat yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat di KI
D.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
E.
Media Pembelajaran
1.
Media
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
2.
Alat/Bahan
v Penggaris,
spidol, papan tulis
v Laptop &
infocus
F.
Sumber Belajar
v Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII, Kemendikbud, Revisi Tahun 2016
v Kamus Bahasa
Inggris
v Pengalaman
peserta didik dan guru
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (2 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru : Orientasi, Aperpepsi,
Motivasi, Pemberian Acuan
|
|||
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi
Sosial dengan cara : Melihat, Mengamati, Membaca, Menulis, Mendengar dan
Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang
materi pelajaran mengenai materi : Fungsi Sosial Menjalin dan menjaga
hubungan interpersonal untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi : Fungsi Sosial, Menjalin
dan menjaga hubungan interpersonal
|
||
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan, Mengumpulkan Informasi,
Mempresentasikan ulang dan saling
tukar informasi tentang
|
|||
Fungsi Sosial dan Menjalin
dan menjaga hubungan interpersonal
|
|||
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
berdiskusi, Mengolah informasi dari materi Fungsi Sosial yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
|
|||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil
diskusi dan Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Fungsi Sosia, Menjalin
dan menjaga hubungan interpersonal
|
||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
|
||
→
|
Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materi Fungsi Sosial
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang
telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama
pembelajaran Fungsi Sosial
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Fungsi Sosial yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Fungsi Sosial
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Fungsi Sosial
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (2 x 45
Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru : Orientasi, Aperpepsi, Motivasi, Pemberian Acuan
|
|||
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi
Sosial dengan cara : Melihat, Mengamati, Membaca, Menulis Mendengar, Menyimak
materi Struktur Teks, Memulai dan Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
|
|||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan
yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
|
||
Struktur Teks
|
|||
Ø Memulai
Ø Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) |
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber
lain selain buku teks, melakukan aktivitas menarik, Wawancara/ tanya jawab
dengan nara sumber tentang materi
|
||
Struktur Teks
|
|||
Ø Memulai
Ø Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) |
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi, Mengolah
informasi, mengerjakan soal tentang data dari Materi Struktur Teks ;
|
|||
Ø Memulai
Ø Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan) |
|||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkanMenyampaikan hasil diskusi, Mempresentasikan
hasil diskusi, Mengemukakan pendapat, Bertanya
atas presentasi tentang materi Struktur Teks
|
|||
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis, Menjawab
pertanyaan, Bertanya tentang hal yang belum dipahami, Menyelesaikan uji
kompetensi untuk materii
|
||
Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
|||
Struktur Teks ; Memulai
dan Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
|
|||
Catatan : Selama
pembelajaran Struktur Teks
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume
(CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
Struktur Teks yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Struktur Teks yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi
atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Struktur Teks
|
||
●
|
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran Struktur Teks
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
H.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1.
Penilaian
Pengetahuan
Tabel Penilaian
Aspek Pengetahuan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
Sangat
memahami
|
5
|
4
|
|
Memahami
|
4
|
3
|
|||
Cukup
memahami
|
3
|
2
|
|||
Kurang
memahami
|
Hampir tidak
memahami
|
2
|
1
|
||
Tidak
memahami
|
1
|
||||
2
|
Keruntutan
Teks
|
Struktur teks
yang digunakan sangat
runtut
|
5
|
4
|
|
Struktur
teks yang digunakan runtut
|
4
|
3
|
|||
Struktur
teks yang digunakan cukup runtut
|
3
|
2
|
|||
Struktur teks
yang
digunakan
kurang
runtut
|
Struktur teks
yang
digunakan
hampir
tidak
runtut
|
2
|
1
|
||
Struktur teks
yang
digunakan
tidak
runtut
|
1
|
||||
3
|
Pilihan
Kosakata
|
Sangat
variatif dan tepat
|
5
|
4
|
|
Variatif
dan tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup
variatif dan tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang
variatif dan
tepat
|
Hampir tidak
variatif
dan tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak variatif
dan
tepat
|
1
|
2.
Penilaian
Keterampilan
a.
Penilaian
Presentasi/Monolog
Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Baik
|
Kurang
baik
|
1.
|
Organisasi
presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)
|
||
2.
|
Isi
presentasi (kedalaman, logika)
|
||
3.
|
Koherensi
dan kelancaran berbahasa
|
||
4.
|
Bahasa:
|
||
Ucapan
|
|||
Tata
bahasa
|
|||
Perbendaharaan
kata
|
|||
5.
|
Penyajian
(tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)
|
||
Skor
yang dicapai
|
|||
Skor
maksimum
|
10
|
Keterangan:
Baik mendapat
skor 2
Kurang baik
mendapat skor 1
b.
Penilaian
Kemampuan Menulis
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Keaslian
Penulisan
|
Sangat
original
|
5
|
4
|
|
Original
|
4
|
3
|
|||
Cukup
original
|
3
|
2
|
|||
Kurang
memahami
|
Hampir tidak
original
|
2
|
1
|
||
Tidak
original
|
1
|
||||
2
|
Kesesuaian
isi
dengan
judul
|
Isi
sangat sesuai dengan judul
|
5
|
4
|
|
Isi
sesuai dengan judul
|
4
|
3
|
|||
Isi
cukup sesuai dengan judul
|
3
|
2
|
|||
Isi
kurang sesuai dengan judul
|
Isi hampir
tidak
sesuai
dengan judul
|
2
|
1
|
||
Isi
tidak sesuai dengan judul
|
1
|
||||
3
|
Keruntutan Teks
|
Keruntutan
teks sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Keruntutan
teks tepat
|
4
|
3
|
|||
Keruntutan
teks cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Keruntutan
teks kurang tepat
|
Isi hampir
tidak
sesuai
dengan judul
|
2
|
1
|
||
Keruntutan
teks tidak tepat
|
1
|
||||
4
|
Pilihan
Kosakata
|
Pilihan
kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan
kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan
kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan
kosakata kurang tepat
|
Pilihan
kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan
kosakata tidak tepat
|
1
|
||||
5
|
Pilihan tata bahasa
|
Pilihan
tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan
tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan
tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan
tata bahasa kurang tepat
|
Pilihan
tata bahasa hamper tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan
tata bahasa tidak tepat
|
1
|
||||
6
|
Penulisan
Kosakata
|
Penulisan
kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Penulisan
kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Penulisan
kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Penulisan
kosakata kurang tepat
|
Penulisan
kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Penulisan
kosakata tidak tepat
|
1
|
||||
7
|
Kerapihan Tulisan
|
Tulisan
rapi dan mudah terbaca
|
5
|
4
|
|
Tulisan
tidak rapi tetapi mudah terbaca
|
4
|
3
|
|||
Tulisan
tidak rapi dan tidak mudah terbaca
|
3
|
2
|
|||
Tulisan
tidak rapi dan sulit terbaca
|
Tulisan
rapi dan hamper tidak terbaca
|
2
|
1
|
||
Tulisan
tidak rapi dan tidak terbaca
|
1
|
3.
Pengayaan
Bagi peserta didik yang belum mencapai target
pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan
remedial
Kepala Sekolah SMAN 1 ........................... Guru Mata Pelajaran,
........................................................... ............................................
Tag :
Education
0 Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas XII Semester Ganjil"