something that can be change if we want to try something new...

tangled=https://blackyawesome.tangled.com

RPP 1 Lembar Kelas XII Semester Ganjil

                 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
         (RPP)

Sekolah                                : SMAN 1 .............
Mata Pelajaran                    : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                    : XII/Ganjil
Materi Pokok                       : Menawarkan Jasa
Alokasi Waktu                     : 3Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit

A.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1       Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan May I help you?, What can I do for you? What if ...?)
·         Memahami struktur teks interaksi yang melibatkan tindakan menawarkan jasa
·         Memahami ungkapan yang sesuai dengan teks interaksi yang melibatkan tindakan menawarkan jasa
·         Mengidentifikasi interaksi yang melibatkan penawaran jasa melalui video atau beberapa contoh yang diberikan
·         Menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh-contoh interaksi, dilihat dari isi dan cara pengungkapannya
4.1       Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
·         Menyusun teks interaksi interpersonal tertulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa
·         Melakukan percakapan dengan teman di depan kelas yang terkait penawaran jasa dan tanggapannya

B.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
          Memahami struktur teks interaksi yang melibatkan tindakan menawarkan jasa
          Memahami ungkapan yang sesuai dengan teks interaksi yang melibatkan tindakan menawarkan jasa
          Mengidentifikasi interaksi yang melibatkan penawaran jasa melalui video atau beberapa contoh yang diberikan
          Menyebutkan persamaan dan perbedaan dari contoh-contoh interaksi, dilihat dari isi dan cara pengungkapannya
          Menyusun teks interaksi interpersonal tertulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa
          Melakukan percakapan dengan teman di depan kelas yang terkait penawaran jasa dan tanggapannya

C.        Materi Pembelajaran
·      Fungsi sosial
Menjalin dan menjaga hubungan interpersonal.
·      Struktur teks
-     Memulai
-     Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·      Unsur kebahasaan
-     Ungkapan yang sesuai untuk menawarkan jasa, seperti May I help you?, What can I do for you? What if ...?
-        Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·      Topik
Interaksi antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan pernyataan niat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI




D.        Metode Pembelajaran
1)  Pendekatan                           : Saintifik
2)  Model Pembelajaran           : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3)  Metode                                  : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

E.        Media Pembelajaran
1.       Media
v  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v  Lembar  penilaian

2.       Alat/Bahan
v  Penggaris, spidol, papan tulis
v  Laptop & infocus

F.         Sumber Belajar
v  Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII,  Kemendikbud, Revisi Tahun 2016
v  Kamus Bahasa Inggris
v  Pengalaman peserta didik dan guru



G.        Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru : Orientasi, Aperpepsi, Motivasi, Pemberian Acuan
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi Sosial dengan cara : Melihat, Mengamati, Membaca, Menulis, Mendengar dan Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Fungsi Sosial Menjalin dan menjaga hubungan interpersonal untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi : Fungsi Sosial, Menjalin dan menjaga hubungan interpersonal
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan, Mengumpulkan Informasi, Mempresentasikan ulang dan  saling tukar informasi tentang

Fungsi Sosial dan Menjalin dan menjaga hubungan interpersonal
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : berdiskusi, Mengolah informasi dari materi Fungsi Sosial yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Fungsi Sosia, Menjalin dan menjaga hubungan interpersonal
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Fungsi Sosial yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Fungsi Sosial berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Fungsi Sosial yang baru dilakukan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Fungsi Sosial
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Fungsi Sosial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2.
Pertemuan Ke-2 (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru : Orientasi, Aperpepsi, Motivasi, Pemberian Acuan
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi Sosial dengan cara : Melihat, Mengamati, Membaca, Menulis Mendengar, Menyimak materi Struktur Teks, Memulai dan Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Struktur Teks

Ø Memulai
Ø Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Data
collection
(pengumpulan
data)
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber lain selain buku teks, melakukan aktivitas menarik, Wawancara/ tanya jawab dengan nara sumber tentang materi

Struktur Teks

Ø Memulai
Ø Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi, Mengolah informasi, mengerjakan soal tentang data dari Materi Struktur Teks ;

Ø Memulai
Ø Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkanMenyampaikan hasil diskusi, Mempresentasikan hasil diskusi, Mengemukakan  pendapat, Bertanya atas presentasi tentang materi Struktur Teks


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis, Menjawab pertanyaan, Bertanya tentang hal yang belum dipahami, Menyelesaikan uji kompetensi untuk materii

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Struktur Teks ; Memulai dan Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Catatan : Selama pembelajaran  Struktur Teks berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Struktur Teks yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Struktur Teks yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Struktur Teks
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Struktur Teks kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

H.        Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Pengetahuan

Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4
1
Tujuan
Komunikatif
Sangat memahami
5
4
Memahami
4
3
Cukup memahami
3
2
Kurang memahami
Hampir tidak
memahami
2
1
Tidak memahami
1

2
Keruntutan
Teks
Struktur teks yang digunakan sangat
runtut
5
4
Struktur teks yang digunakan runtut
4
3
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
3
2
Struktur teks yang
digunakan kurang
runtut
Struktur teks yang
digunakan hampir
tidak runtut
2
1
Struktur teks yang
digunakan tidak
runtut
1

3
Pilihan
Kosakata
Sangat variatif dan tepat
5
4
Variatif dan tepat
4
3
Cukup variatif dan tepat
3
2
Kurang variatif dan
tepat
Hampir tidak
variatif dan tepat
2
1
Tidak variatif dan
tepat
1







2.       Penilaian Keterampilan

a.       Penilaian Presentasi/Monolog

Nama peserta didik: ________                                                              Kelas: _____

No.
Aspek yang Dinilai
Baik
Kurang baik
1.
Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)


2.
Isi presentasi (kedalaman, logika)


3.
Koherensi dan kelancaran berbahasa


4.
Bahasa:



Ucapan



Tata bahasa



Perbendaharaan kata


5.
Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)


Skor yang dicapai


Skor maksimum
10
Keterangan:
Baik mendapat skor 2
Kurang baik mendapat skor 1


b.       Penilaian Kemampuan Menulis
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4
1
Keaslian
Penulisan
Sangat original
5
4
Original
4
3
Cukup original
3
2
Kurang memahami
Hampir tidak
original
2
1
Tidak original
1

2
Kesesuaian
isi dengan
judul
Isi sangat sesuai dengan judul
5
4
Isi sesuai dengan judul
4
3
Isi cukup sesuai dengan judul
3
2
Isi kurang sesuai dengan judul
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
2
1
Isi tidak sesuai dengan judul
1

3
Keruntutan Teks
Keruntutan teks sangat tepat
5
4
Keruntutan teks tepat
4
3
Keruntutan teks cukup tepat
3
2
Keruntutan teks kurang tepat
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
2
1
Keruntutan teks tidak tepat
1

4
Pilihan
Kosakata
Pilihan kosakata sangat tepat
5
4
Pilihan kosakata tepat
4
3
Pilihan kosakata cukup tepat
3
2
Pilihan kosakata kurang tepat
Pilihan kosakata hampir tidak tepat
2
1
Pilihan kosakata tidak tepat
1

5
Pilihan tata bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
4
Pilihan tata bahasa tepat
4
3
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
2
Pilihan tata bahasa kurang tepat
Pilihan tata bahasa hamper tidak tepat
2
1
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1

6
Penulisan Kosakata
Penulisan kosakata sangat tepat
5
4
Penulisan kosakata tepat
4
3
Penulisan kosakata cukup tepat
3
2
Penulisan kosakata kurang tepat
Penulisan kosakata hampir tidak tepat
2
1
Penulisan kosakata tidak tepat
1

7
Kerapihan Tulisan
Tulisan rapi dan mudah terbaca
5
4
Tulisan tidak rapi tetapi mudah terbaca
4
3
Tulisan tidak rapi dan tidak mudah terbaca
3
2
Tulisan tidak rapi dan sulit terbaca
Tulisan rapi dan hamper tidak terbaca
2
1
Tulisan tidak rapi dan tidak terbaca
1


3.       Pengayaan
Bagi peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial




Mengetahui :                                                                                                                        ..................., 13 Juli 2020
Kepala Sekolah SMAN 1 ...........................                                                                        Guru Mata Pelajaran,
               

 ...........................................................                                                                                ............................................
      

Tag : Education
0 Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas XII Semester Ganjil"
Back To Top