something that can be change if we want to try something new...

tangled=https://blackyawesome.tangled.com

1.4.a.10.2 Aksi Nyata - Budaya Positif - Forum Berbagi Aksi Nyata

 Pendahuluan



Pada kali ini saya mencoba membagikan aksi nyata sosialisasi menerapkan Budaya Positif di SMA Negeri 1 Seunuddon. Dalam sebuah lingkungan pendidikan seperti SMA Negeri 1 Seunuddon, menerapkan Budaya Positif merupakan tugas dari semua warga sekolah diantaranya Siswa dan Guru. Oleh karena itu perlu ada pemahaman bersama lalu membuat usaha - usaha secara sadar dan terencana untuk menerapkan Budaya Positif di SMA Negeri 1 Seunuddon.

Sosialisasi dengan guru - guru

Salah satu upaya saya dalam memberikan pemahaman bersama tentang menerapkan Budaya Positif di SMA Negeri 1 Seunuddon adalah melalui sosialisasi ini. Saya melakukan kegiatan ini kepada perwakilan rekan guru yang ada pada saat istirahat jam mengajar. harapannya pemahaman ini dapat tersebar secara bertahap kepada seluruh warga SMA Negeri 1 Seunuddon. Sosialiasi Modul 1.4 Budaya Positif terdiri dari materi :

·     Perubahan Paradigma
·         Konsep Disiplin Positif dan Motivasi
·         Keyakinan Kelas
·         Pemenuhan Kebutuhan Dasar
·         Posisi Kontrol
·         Segitiga Restitusi

Penjabaran dari materi tersebut adalah sebagai berikut :

Perubahan Paradigma Adalah perubahan cara pandang kita terhadap segala sesuatu berdasarkan berbagai pertimbangan sudut pandang.

     Konsep Disiplin Positif dan Motivasi, Disiplin diri dapat membuat seseorang menggali potensinya  menuju kepada sebuah tujuan, sesuatu yang dihargai dan bermakna.  Dengan kata lain, disiplin diri juga mempelajari bagaimana cara kita mengontrol diri, dan  bagaimana menguasai diri untuk memilih tindakan yang mengacu pada nilai-nilai yang kita hargai.

Diane Gossen dalam bukunya Restructuring School Discipline, menyatakan ada 3 alasan motivasi perilaku manusia :

  • Untuk  menghindari  ketidaknyamanan atau hukuman.
  • Untuk mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain.
  • Untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya.
Keyakinan Kelas, Mengapa keyakinan kelas, mengapa tidak peraturan kelas saja ?“Mengapa kita memiliki peraturan tentang penggunaan masker dan mencuci tangan setiap saat ?” Mungkin jawaban Anda adalah “untuk kesehatan dan/atau keselamatan”. Nilai-nilai keselamatan atau kesehatan inilah yang kita sebut sebagai suatu ‘keyakinan’, yaitu nilai-nilai kebajikan atau prinsip-prinsip universal yang disepakati bersama secara universal, lepas dari latar belakang suku, negara, bahasa maupun agama. Menurut Gossen (1998), suatu keyakinan akan lebih memotivasi seseorang dari dalam, atau memotivasi secara intrinsik. Seseorang akan lebih tergerak dan bersemangat untuk menjalankan keyakinannya, daripada hanya sekedar mengikuti serangkaian peraturan.

    Pemenuhan Kebutuhan Dasar, Seluruh tindakan manusia memiliki tujuan tertentu. Semua yang kita lakukan adalah usaha terbaik kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, sebetulnya saat itu kita sedang memenuhi satu atau lebih dari satu kebutuhan dasar kita, yaitu kebutuhan untuk bertahan hidup (survival), cinta dan kasih sayang (love and belonging), kebebasan (freedom), kesenangan (fun), dan kekuasaan (power). Ketika seorang murid melakukan suatu perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai kebajikan, atau melanggar peraturan, hal itu sebenarnya dikarenakan mereka gagal memenuhi kebutuhan dasar mereka.

       Posisi Kontrol,

·   Penghukum: Seorang penghukum bisa menggunakan hukuman fisik maupun verbal. Orang-orang yang menjalankan posisi penghukum, senantiasa mengatakan bahwa sekolah memerlukan sistem atau alat yang dapat lebih menekan murid-murid lebih dalam lagi. Guru-guru yang menerapkan posisi penghukum akan berkata : “Patuhi aturan saya, atau awas!”“Kamu selalu saja salah!”

·   Pembuat Orang Merasa Bersalah : pada posisi ini biasanya guru akan bersuara lebih lembut. Pembuat orang merasa bersalah akan menggunakan keheningan yang membuat orang lain merasa tidak nyaman, bersalah, atau rendah diri. Kata-kata yang keluar dengan lembut akan seperti : “Ibu sangat kecewa sekali dengan kamu”“Berapa kali Bapak harus memberitahu kamu ya?”

·     Teman : Guru pada posisi ini tidak akan  menyakiti murid, namun akan tetap berupaya mengontrol murid melalui persuasi. Posisi teman pada guru bisa negatif ataupun positif. Positif di sini berupa hubungan baik yang terjalin antara guru dan murid. Guru di posisi teman menggunakan hubungan baik dan humor untuk mempengaruhi seseorang. Mereka akan berkata : “Ayo bantulah, demi bapak ya?”“Ya sudah kali ini tidak apa-apa. Nanti Ibu bantu bereskan”.

·   Monitor/Pemantau : Memonitor berarti mengawasi. Pada saat kita mengawasi, kita bertanggung jawab atas perilaku orang-orang yang kita awasi. Posisi pemantau berdasarkan pada peraturan-peraturan dan konsekuensi. Dengan menggunakan sanksi/konsekuensi, kita dapat memisahkan hubungan pribadi kita dengan murid, sebagai seseorang yang menjalankan posisi pemantau. Pertanyaan yang diajukan seorang pemantau : “Peraturannya apa?”“Apa yang telah kamu lakukan?”

·         Manajer : Posisi terakhir, Manajer, adalah posisi mentor di mana guru berbuat sesuatu bersama dengan murid, mempersilakan murid mempertanggungjawabkan perilakunya, mendukung murid agar dapat menemukan solusi atas permasalahannya sendiri.

      Segitiga Restitusi, Restitusi adalah proses menciptakan kondisi bagi murid untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga mereka bisa kembali pada kelompok mereka, dengan karakter yang lebih kuat (Gossen; 2004)

Melalui restitusi, ketika murid berbuat salah, guru akan menanggapi dengan cara yang memungkinkan murid untuk membuat evaluasi internal tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk memperbaiki kesalahan mereka dan mendapatkan kembali harga dirinya. Alur restitusi : 1. Menstabilkan identitas. 2. Validasi tindakan yang salah. 3. Menanyakan keyakinan.


0 Komentar untuk "1.4.a.10.2 Aksi Nyata - Budaya Positif - Forum Berbagi Aksi Nyata"
Back To Top