something that can be change if we want to try something new...

tangled=https://blackyawesome.tangled.com

2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1

Pembelajaran Berdiferensiasi




Informasi atau fakta apa yg disampaikan pada video tersebut?

Video 1 : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi 

(https://www.youtube.com/watch?v=PLT69Yf5my8)

Pemetaan kebutuhan siswa dari 3 aspek yaitu : Kesiapan belajar, minat belajar, & profil belajar siswa. Kebutuhan belajar siswa wajib  selalu sebagai sebagai dasar bagi praktik diferensiasi yg dilakukan pada kelas. Setelah mengidentifikasi pemetaan kebutuhan siswa, kita sanggup memilih taktik diferensiasi yg akan kita ambil.

Ada Tiga macam diferensiasi dari 3 pemetaan kebutuhan siswa :

A. Diferensiasi konten

Konten merupakan apa yg akan kita ajarkan pada siswa. Konten bisa dibedakan menjadi tanggapan terhadap kesiapan, minat atau profil belajar siswa atau kombinasi ketiganya.

· Diferensiasi konten dari kesiapan belajar . Pengajar bisa  mengukur kesiapan belajar siswa  menggunakan tombol-tombol equalizer pada teori Tomlinzon, antara lain

Bersifat mendasar – Bersifat transformatif

Konkret – Abstrak.

Sederhana – Kompleks.

Terstruktur – Open Ended

Tergantung (dependent) – Mandiri (Independent)

Lambat – Cepat

· Diferensiasi konten dari minat belajar. Adalah  konten belajar yg penyajiannya diadaptasi menggunakan minat siswa.

·  Diferensiasi konten dari profil belajar. Adalah konten belajar dimana siswa bisa mengaksesnya sinkron menggunakan yg gaya berpikir, kecerdasan, budaya, latar belakang, jenis kelamin, gaya belajar (visual, auditori, kinestetik), & lain-lain

 B. Diferensiasi Proses

Merujuk dalam strategi membedakan proses yg wajib  dijalani siswa yang bisa memungkinkan mereka buat berlatih & tahu isi (content) materi. Proses disini mengacu dalam bagaimana siswa akan tahu atau memaknai berita atau materi yg dipelajari. Adapun cara melakukan diferensiasi proses yaitu aktivitas berjenjang, menyediakan pertanyaan pemandu, menciptakan rencana individual buat siswa, memvariasikan lama waktu siswa dalam menuntaskan tugas, membuatkan aktivitas bervariasi yg mengakomodasi majemuk gaya belajar, memakai pengelompokan yg fleksibel sinkron menggunakan kesiapan, kemampuan & minat murid.

 C. Diferensiasi produk

Produk berupa tagihan atau output yg dibutuhkan menurut anak didik sesudah proses pembelajaran, baik berupa output tes, presentasi atau diskusi, pertunjukkan, pidato, diagram & lainnya yg mencerminkan pemahaman siswa menurut tujuan yg dibutuhkan pada pembelajaran. Sebelum memilih penugasan produk ini perlu terlebih dahulu mempertimbangkan mengenai kebutuhan belajar anak didik. Penugasan produk wajib  membantu anak didik baik secara individu juga kelompok, memakai atau memperluas apa yg mereka pelajari dalam perode saat tertentu. Produk ini krusial bukan hanya buat mewakili pemahaman & pelaksanaan yg lebih luas namun jua adalah elemen krusial kurikulum yg pribadi bisa dimiliki sang anak didik. Diferensiasi produk mencakup 2 hal, yaitu memberi tantangan & keragaman/variasi & menaruh anak didik pilihan bagaimana mereka bisa mengekspresikan pembelajaran yg diinginkan. Sangat krusial bagi pengajar buat memilih ekspektasi misalnya apa yg dibutuhkan menurut anak didik, kualitas pekerjaan misalnya apa yg diinginkan, antara lain memilih: a) kualitas pekerjaan apa yg diinginkan; b) konten apa yang ada produk; c) bagaimana cara mengerjakan; & d) sifat berdasarkan produk akhir apa yg diperlukan.

Video 2 : Lingkungan Belajar yg Mendukung Pembelajarn Berdiferensiasi ( https://www.youtube.com/watch?v=akTeGglLkIg)

Dalam pembelajaran berdiferensiasi lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap kesuksesan implementasinya. Pembelajaran berdiferensiasi wajib  dibangun atas Learning Community (komunitas belajar)  yaitu komunitas yg seluruh anggotanya merupakan pembelajar. Pengajar memimpin siswa-muridnya buat membuatkan perilaku & praktik yg saling mendukung tumbuhnya lingkungan belajar.

 Karakteristik lingkungan belajar yg mendukung pembelajaran berdiferensiasi:

 ·         Setiap orang pada kelas menyambut & disambut menggunakan baik.

·         Setiap orang pada kelas saling menghargai

·         Murid merasa aman

·         Ada asa bagi pertumbuhan

·         Pengajar mengajar buat mencapai kesuksesan

·         Ada keadilan pada bentuk nyata

·         Pengajar & murid berkolaborasi buat kesuksesan bersama

2. Gagasan baru apa yg Anda dapatkan berdasarkan video yg Anda saksikan tersebut?

Gagasan baru yg aku  dapatkan selesainya menonton 2 video pada atas merupakan gagasan buat merancang taktik pembelajaran berdiferensiasi yg diawali menggunakan pemetaan siswa, membentuk lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Pengimplementasian taktik pembelajaran berdiferensiasi pada kelas & lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap kesuksesan penerapan pembelajaran berdiferensiasi.

3. Apakah yg berdasarkan Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Yang sulit diimplementasikan merupakan

Tindak lanjut berdasarkan pemetaan kebutuhan siswa terutama pemetaa dari minat & profil belajar siswa. Hal ini sulit dilakukan lantaran memang belum terbiasa. Pemetaan yg biasa diterapkan hanya dari dalam kesiapan belajar siswa saja.

Merancang pembelajarannya yg wajib  diadaptasi antara konten, proses, produk menggunakan kesiapan belajar, minat siswa & profil belajar siswa. Lantaran merancang pembelajaran misalnya ini membutuhkan kejelian, kreatifitas & alokasi ketika yg tidak mengecewakan usang  . Pembelajarn secara daring pula sebagai hambatan tersendiri.

Penilaian. Dengan adanya variasi konten pembelajaran, proses, & produk berdasarkan aku  akan memerlukan instrumen evaluasi yg relatif rumit & banyak. Hal ini tentu akan membutuhkan alokasi ketika yg usang  .

4.   Pertanyaan apakah yg masih Anda miliki atau penjelasan apakah yg masih Anda perlukan terkait menggunakan isi video tersebut?

 Adakah model RPP berdiferensiasi?

Saya ingin mengetahui model nyata berdasarkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas, apakah sanggup ditampilkan agar aku  menerima citra yg kentara mengenai penerapannya pada kelas, mulai berdasarkan proses, produk sampai penilaiannya?

apabila pembelajaran berdiferensiasi ini diterapkan berdasarkan pemahaman & bayangan aku , pengajar akan sangat sibuk, mungkin kerja sehari capeknya terasa seminggu. Bagaimana tips buat meringankan kerja pengajar namun pembelajaran berdiferensiasi akan permanen berjalan menggunakan baik?


0 Komentar untuk "2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1"
Back To Top